Jangan Anda Meremehkan Bonggol Pisang! Termyata Bonggol Pisang Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan

Jangan Anda Meremehkan Bonggol Pisang! Termyata Bonggol Pisang Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan - Hallo sahabat Salam Sehat Selalu, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jangan Anda Meremehkan Bonggol Pisang! Termyata Bonggol Pisang Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bonggol Pisang, Artikel Kesehatan, Artikel Manfaat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Jangan Anda Meremehkan Bonggol Pisang! Termyata Bonggol Pisang Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan
link : Jangan Anda Meremehkan Bonggol Pisang! Termyata Bonggol Pisang Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan

Baca juga


Jangan Anda Meremehkan Bonggol Pisang! Termyata Bonggol Pisang Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan

 Manfaat bonggol pisang untuk kesehatan

Bonggol Pisang Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan - Tidak ada orang yang tidak kenal dengan namannya pohon pisang, Pisang adalah salah satu buah yang paling murah meriah dan paling mudah didapat. Jika di desa atau kampung, pohon pisang banyak berjejer di pinggir jalan atau kebun-kebun. Tapi, tahukah Anda bahwa tidak hanya buah Pisangnya saja yang memiliki segudang manfaat? Ternyata, mulai dari akar, bonggl, batang, jantung, hingga buahnya pun memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan.

Pisang dengan nama latin M. Sapientum L memiliki beberapa nama daerah seperti Cau, Gedang, Kisang (Jawa), Galuh, Gaol, Punti, Pusi, Gae (Sumatera) dan masih banyak lagi. Selain memiliki nama latin, Pisang juga memiliki nama asing seperti Xiang Jiao (Cina), Kluai Namwaa (Thailand), Banana atau Plaintain (Inggris), dan nama Simplisia Musae Radix (untuk akar pisang) serta Musae Fructus (untuk buah pisang).

Pisang merupakan tanaman yang hanya berbuah sekali, kemudian setelahnya mati. Buahnya dapat dipanen setelah 80-90 hari sejak keluarnya jantung pisang. Karena bukan buah musiman, buah pisang ini selalu ada setiap saat dan masyarakat luas biasanya mengolah pisang dengan cara dimakan langsung, dikolak, dikukus, hingga diolah menjadi snack.

Pisang menurut jenisnya bisa dibagi menjadi lima bagian, yaitu :
  1. Musa paradisiaca var. sapientum (banana) yaitu pisang yang dimakan langsung setelah buahnya masak seperti pisang ambon, ambon lumut, raja, raja sereh, mas, susu, dan barangan.
  2. Musa paradisiacal forma typica (plantain) yaitu pisang yang dimakan setelah direbus atau digoreng seperti pisang tanduk, oli, nangka, kapas, dan kapok.
  3. Musa brachycarpa yaitu jenis pisang yang berbiji seperti pisang batu, disebut juga pisang klutuk atau pisang biji.
  4. Musa texilis yaitu pisang penghasil serat seperti pisang manila.
  5. Pisang hias sepeti pisang kipas, pisang superb (musa superb), pisang basjoo (musa basjoo).
Pada setiap bagian pisang memiliki kandungan kimia seperti pada bagian akar mengandung serotonin, norepinefrin, tannin, hidroksitriptanim, dopamine, vitamin A, B, dan C. Buahnya mengandung flavonoid, glukosa, fruktosa, sukrosa, tepung, protein, lemak, minyak menguap, kaya akan vitamin (A, B,C dan E), mineral (kalium, kalsium, fosfor, Fe), pectin, serotonin, 5-hidroksi triptamin, dopamine, dannoradrenalin. Kandungan kalium pada buah pisang cukup tinggi yang kadarnya bervariasi tergantung jenis pisangnya.

Sifat dan Khasiat Buah Pisang
  1. Buah pisang memiliki sifat dingin atau astringen, dapat memelihara usus, sebagai penawar racun, penurun panas (antipiretik, antiradang, peluruh kencing (dieuretik), laksatif ringan.
  2. Bagian akarnya berkhasiat sebagai penawar racun, pereda deman, mendinginkan darah, antiradang, dan peluruh kencing.
  3. Hati batang pisang berkhasiat sebagai penurun panas dan perawatan rambut.
  4. Cairan bonggol pisang dapat mengatasi infeksi saluran kencing, menghentikan pendarahan, penurun panas, serta dapat menghitamkan dan mencegah rambut rontok.
  5. Buah muda berkhasiat sebagai antidiare, antidisentri dandapat mengobati tungkak lambung.

Akar pisang digunakan untuk mengatasi :
  1. Sesak napas (asma),
  2. Air kemih (urin) mengandung darah, dan
  3. Penyakit kulit.
Khasiat cairan bonggol pisang:
  1. Berak darah karena panas dalam,
  2. Disentri, diare,
  3. Wasir berdarah,
  4. Perdarahan setelah melahirkan (perdarahan nifas),
  5. Pembersih sehabis melahirkan,
  6. Rambut rontok dan beruban,
  7. Radang ginjal, sifilis, dan
  8. Digigit ular berbisa.
Nah demikian sekilas tentang Bonggol Pisang Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan semoga manfaat jika anda menginginkan informasi lebih banyak tentang kesehatan kunjungi http://www.hidup-sehat.org/ sebarkan kepada saudara anda semoga hidup anda bermanfaat bagi orang lain.





Demikianlah Artikel Jangan Anda Meremehkan Bonggol Pisang! Termyata Bonggol Pisang Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan

Sekianlah artikel Jangan Anda Meremehkan Bonggol Pisang! Termyata Bonggol Pisang Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Jangan Anda Meremehkan Bonggol Pisang! Termyata Bonggol Pisang Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan dengan alamat link https://gudangkesehatanalami.blogspot.com/2016/12/jangan-anda-meremehkan-bonggol-pisang.html

0 Response to "Jangan Anda Meremehkan Bonggol Pisang! Termyata Bonggol Pisang Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan"

Posting Komentar